PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Siti Nur Fadhilah Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Sulis Janu Hartati Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Windi Setiawan Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1752

Keywords:

Pengembangan LKS, Saintifik, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan LKS pada materi trigonometri dengan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetauhi hasil mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi perbandingan trigonometri dengan pendekatan saintifik. 2) untuk mengetauhi kelayakan LKS menurut validator ahli dengan pendekatan saintifik pada perbandingan triginimetri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Bord And Gall, yaitu Studi pendahuluan, Perencanaan, Pengambangan Desain Produk, Revisi produk, ujicoba produk, revisi produk II, ujicoba oprasional. Namun pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan desain produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) LKS dikembankan dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall dengan pendekatan saintifik, 2) desain pengembangan LKS dengan pendekatan saintifik dapat dikatakan layak digunakan. Hasil validasi tersebut memperoleh skor 80% dari ahli materi termasuk dalam kriteria “Layak” dan skor  91,7% dari ahli media termasuk dalam kriteria “Sangat Layak”

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, B. Q., Hartati, S. J., & Prastiwi, L. (2022). Desain Pengembangan Lks Berbasis Karakteristik Komunikasi Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. APOTEMA: Jurnal Program Studi …, 8(1), 1–10. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/699%0Ahttp://194.59.165.171/index.php/APM/article/download/699/527

Anengsih, A., & Jamaludin, U. (2023). Penerapan Project Based Learning Pada Pembelajaran Pantun Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 264–270. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4472

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses Di Sman 4 Jember 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–356.

Hartati, S. J. (2013). Kajian Tentang Kategorisasi Pengetahuan Pada Mata Kuliah Logika & Algoritma. Seminar Nasional Sistem & Teknologi Informasi (SNASTI) 2013, 1–6. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/585/

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahmah, N. (2013). HAKIKAT PENDIDIKAN MATEMATIKA. Al-Khwarizmi, 2, 1–10.

Setiawan, W. (2016). Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 2018–2216.

Borg, W.R and Gall, M.D. (2023). Educational Reseach: An Introduction 4th Edition. London: longman Inc.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles