PENGEMBANGAN E-COMIC MATH BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1751Keywords:
Media Pembelajaran E-Comic Math, Kemampuan Penalaran Matematis, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic math berbasis pendekatan realistik terhadap kemampuan penalaran matematis sebagai bahan ajar matematika pada materi SPLDV untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nanga Pinoh. Penelitian ini merupakan Research and Development (R dan D) dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu subjek pengembangan yang terdiri dari 3 orang ahli media dan ahli materi serta subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Nanga Pinoh sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, serta teknik pengukuran berupa tes uraian. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran e-comic math berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh kevalidan dengan persentase sebesar 86.58% dengan kriteria sangat valid; kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa dengan persentase sebesar 84,9% dengan kriteria praktis; dan keefektifan diukur dari hasil tes siswa memperoleh persentase 86,66% dengan kriteria sangat efektif.
Downloads
References
Hutauruk, L. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Pada Materi SPLDV Dengan Menggunakan Budaya Khas Palembang Yang Berbasiskan Taksonomi Solo Superitem Siswa Kelas IX. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Fungsi Kuadrat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif),3(6), 663-670.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019, February). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). InPRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 611-615).
Lijana, L., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2018). Respon Siswa terhadap Media Pembelajaran Komik pada Materi Ekologi di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3).
Oktaviana, D., dan Prihatin, I. (2020) “Pengaruh Penggunaan Modul Praktikum Logika Matematika Berbasis Phet Simulation terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020, pp. 12– 16.
Prodjosantoso, A., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Repo, F. M., (2022). E-Comic Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi pada IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Triatmojo, J., (2021). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Menyuke. Skripsi pada IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(1), 1–10.