BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP N 1 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN

Authors

  • Mumud Fira IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Muchtadi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Dewi Risalah IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1130

Keywords:

Berpikir Reflektif, Penyelesaian Masalah Matematika, Himpunan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa SMPN 1 Siding Kabupaten Bengkayang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan. Adapun berpikir reflektif yang diteliti adalah berpikir reflektif siswa yang meliputi tiga fase yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah bentuk survei. Penelitan ini dilakukan dengan memberikan tes penyelesaian masalah matematika kepada 27 siswa kelas VII SMPN 1 Siding, dari 27 siswa yang mengerjakan tes penyelesaian masalah matematika. Selanjutnya dipilih 3 (tiga) siswa yang mendapatkan nilai masing-masing tinggi, sedang dan rendah sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penyelesaian masalah matematika, pedoman wawancara, handphone, dan catatan lapangan.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setengah dari jumlah siswa yang mengikuti tes penyelesaian masalah matematika memenuhi KKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa SMPN 1 Siding sudah mempunyai kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika sudah bagus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuady, A., 2017. Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat 1. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236

Nawawi, H, H., 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada Universitas Press, Yogyakarta.

Purwanto, E., 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar, Semarang.

Rasyid, M.A., 2017. Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8, 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kombinaso (Mixed Methods). Alfabeta.

Syamsuddin, A., 2020. Identifikasi Kedalaman Berpikir Reflektif Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Taksonomi Berpikir Reflektif Berdasarkan Gaya Kognitif. jel 6, 128–145. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1743

Tri Wahyuni, F., 2018. Berpikir Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4455

Downloads

Published

2023-06-08

Issue

Section

Articles