BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP N 1 SIDING KABUPATEN BENGKAYANG DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1130Keywords:
Berpikir Reflektif, Penyelesaian Masalah Matematika, HimpunanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa SMPN 1 Siding Kabupaten Bengkayang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan. Adapun berpikir reflektif yang diteliti adalah berpikir reflektif siswa yang meliputi tiga fase yaitu fase reacting, fase comparing, dan fase contemplating. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah bentuk survei. Penelitan ini dilakukan dengan memberikan tes penyelesaian masalah matematika kepada 27 siswa kelas VII SMPN 1 Siding, dari 27 siswa yang mengerjakan tes penyelesaian masalah matematika. Selanjutnya dipilih 3 (tiga) siswa yang mendapatkan nilai masing-masing tinggi, sedang dan rendah sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penyelesaian masalah matematika, pedoman wawancara, handphone, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setengah dari jumlah siswa yang mengikuti tes penyelesaian masalah matematika memenuhi KKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa siswa SMPN 1 Siding sudah mempunyai kemampuan berpikir reflektif dalam menyelesaikan masalah matematika sudah bagus.
Downloads
References
Fuady, A., 2017. Berfikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat 1. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1236
Nawawi, H, H., 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada Universitas Press, Yogyakarta.
Purwanto, E., 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pustaka Pelajar, Semarang.
Rasyid, M.A., 2017. Profil Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8, 171–181. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.9849
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kombinaso (Mixed Methods). Alfabeta.
Syamsuddin, A., 2020. Identifikasi Kedalaman Berpikir Reflektif Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Taksonomi Berpikir Reflektif Berdasarkan Gaya Kognitif. jel 6, 128–145. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1743
Tri Wahyuni, F., 2018. Berpikir Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4455