ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA BANGUN DATAR MELALUI MEDIA TANGRAM
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1126Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Bangun Datar, Media TangramAbstract
Peserta didik perlu memiliki kemampuan representasi matematis yang baik untuk mengembangkan pemahaman konsep yang kuat dan fleksibel guna memecahkan masalah. Upaya awal sebelum melaksanakan tindak lanjut dari permasalahan kemampuan representasi matematis siswa yang rendah adalah menganalisis terlebih dahulu kemampuan tersebut melalui media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penguasaan kemampuan representasi siswa berdasarkan indikatornya yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis melalui media tangram. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes tertulis dan pedoman wawancara dengan subjek penelitian berjumlah 22 siswa MTs Al Mustaqim 1. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebesar 77,27 kategori sedang pada indikator representasi visual, indikator representasi ekspresi matematis rata-rata sebesar 69,69 kategori sedang dan indikator representasi tertulis rata-rata 82,58 kategori tinggi. Pada hasil wawancara siswa menyatakan bahwa dalam pengerjaan soal kurang lengkap menuliskan informasi penting, tidak memahami konsep dan masalah sehingga indikator ekspresi matematis siswa belum dapat berkembang dengan baik.
Downloads
References
Aprilia Putri, Sonia dan Kiki Nia. 2021. Analisis Kemampuan Representasi Siswa SMK. JPEM (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika).
Aryanti, dkk. 2013. Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FKIP UNTAN. Vol 02(01): 1-8.
Berutu, A. 2013. Penerapan Metode Permainan Dengan Berbantuan Tangram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 19(1): 9 -18.
Fitri, Nurul. 2017. Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM Publication.
Prihantini, Ririn. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JES-MAT, Volume 5 Nomor 2.
Rahmani, W. & Nurbaiti, W. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Media Tangram. HOLISTIKA:Jurnal Ilmiah PGSD,1 (2). [Online]. Tersedia : https://jurnal.umj.ac.id/index.php.holistika [16 September 2022].
Rangkuti, A., N. 2013. Representasi Matematis. Logaritma Vol. I, No.02.
Russell, D. dan Bologna, E. 2014. Teaching Geometry with Tangrams. The Arithmetic Teacher, 30 (2), 34-38.
Suningsih, Ari dan Ana Istiani. 2021 Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Surya, E., Sabandar, J., Kusumah Y. S., & Darhim. 2013. Improving of Junior High School Visual Thinking Representation Ability in Mathematical Problem Solving by CTL. IndoMS. J.M.E : Vol. 4, No. 1.
Suwangsih, E., & Misel. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metode Didaktik : Vol. 10, No. 2.