UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO YOUTUBE UNTUK KELAS I SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1112Keywords:
Perjumlahan dan pengurangan, video animasi, hasil belajar, SD/MIAbstract
Media Pembelajaran menggunakan youtube dapat membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami, memperkuat konsep dan membantu mempermudah pemahaman. youtube juga dapat menambah interaktivitas dalam proses belajar, membantu menjaga konsentrasi siswa dan meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran youtube sebagai alat bantu dalam proses belajar dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran youtube yang menarik dan mudah dipahami, penggunaan bahasa yang sesuai, penambahan interaktivitas, penggunaan ilustrasi dan visual yang menarik, mempertimbangkan durasi video yang sesuai, dan menyertakan contoh-contoh praktis dalam media pembelajaran youtube. Tujuan dari upaya ini adalah untuk membantu anak-anak memahami materi matematika dengan lebih mudah dan meningkatkan hasil belajar mereka. Dalam penelitian ini untuk bertujuan meningkatkan hasil belajar dengan pokok materi Penjumlahan dan pengurangan dengan pembelajaran menggunakan video pembelajaran youtube. jadikan subjek penelitian siswa kelas I yang terdiri dari 29 Peserta didik 12 laki laki dan 17 perempuan di SD Negeri 2 Wonokoyo Kapongan Situbondo. Teknik untuk analisis menggunakan analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil dalam penelitian dapat menghasilkan hasil belajar prasilis ketuntasan sekitar 31% sedangkan pada hari senin 16 Januari 2023 siklus I 34% dan hasil Aktifitas Siswa Siklus I 70 dengan masuk kategori cukup aktifitas guru 69,4 kategori cukup . Dan pada hari senin 30 Januari siklus II hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 97% melebihi ketuntasan 80% sedangkan kreativitas siswa 93% kategori sangat baik dan kreativitas guru 94 masuk kategori sangat baik.
Downloads
References
Anisa, Y. 2022. Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 13–21. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Fajarisman, F., Widiatsih, A., & Kustiowati, K. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Mandarin untuk SMP/MTs. Education Journal?: Journal Educational Research and Development, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.415
Fajarisman, Sanusi, T., & Widiatsih, A. 2021. The Efforts to Improve Student Learning Outcomes by Using Google Classroom during Covid 19 in the Subject of Pythagoras Theorem. AXIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Jember, 6(2), 104 – 112. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/axi.v6i2
Fitria, A. 2018. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Hariyanto, R. E., Widiatsih, A., & Atmaja, I. W. W. 2020. The Development Of Autoplay Media Studio 8 Based Learning And Wondershare Quiz Creator On Mutual Dependence On Life Materials For Class VII Junior High School. Journal of Education Technology and Inovation, 3(2), 83–99. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31537/jeti.v2i2.582
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, Kunrozazi, & Kurniawan, N. 2022. Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pandemi COVID 19. Education Journal?: Journal Education Research and Development, 6(1), 47–58.
Padmono, Y. 2010. Evaluasi Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1).
Pangestika, N. L. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. 2020. Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Ritonga, M. 2018. Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Periode. Bina Gogik, 5(2), 1–15.
Sistadewi, M. 2019. Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa Sekolah Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 186–194. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/3500/pdf
Sudarto, B., Widiatsih, A., & Fajarisman. 2022. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Autoplay pada tema III peduli terhadap makhluk hidup untuk kelas IV SD/MI. ElenterIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ISlamam, 4(1), 1–13. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33474/elementeris.v4i1.10815