Analisis Komunikasi Pemasaran SMK Trunojoyo Jember dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Dimasa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v1i1.956Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Minat, Peserta DidikAbstract
Persaingan pendidikan yang semakin ketat menuntut lembaga pendidikan harus mampu bersaing dengan lembaga lain, dengan menciptakan kualitas dan kuantitas pendidikan untuk mempertahankan eksistensinya agar tetap diminati masyarakat. Upaya yang dilakukan salah satunya dengan menciptakan komunikasi pemasaran yang tepat dan efektif. Penelitian ini berfokus pada kegiatan komunikasi pemasaran SMK Trunojoyo Jember dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Dimasa Pandemi Covid 19. Bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran SMK Trunojoyo Jember dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Dimasa Pandemi Covid 19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, informan penelitian berjumlah 4 orang, 3 orang informan kunci dan 1 orang informan pendukung. Teknik pengambilan data mengunakan wawancara semi-terstruktur, observasi non-participan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran SMK Trunojoyo Jember dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru dilakukan dengan kegiatan periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan pribadi dan penjualan langsung yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah yang saling bersinergi.
References
Firmansyah, anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara
Fitriyani, pipit. 2018. Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke-7 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (APPPTMA). Jakarta 23-25
Hafila, Anisya. 2021. Skema Komunikasi Pemasaran SMA Harapan 3 Medan Dalam Mendapatkan Siswa Baru Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik [JIMSIPOL] Vol 1 Nomor 3 November 2021, hal: 1-8
Kusuma, MH. 2016. Strategi pemasaran penerimaan peserta didik baru di SMK
Laras, Anggayuh. Achmad Rifai. 2019. Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal.untirta.ac.id vol 4 no 2
Muhammadiyah 2 Jatianom klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Media
Rumondang, astri dkk. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Vriyatna, Muhammad. 2021. Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Surabaya. Jurnal mumtaz karimun vol. 1 no. 1