Merancang Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Pedas Mlokorejo)
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v1i1.955Keywords:
Strategi Pemasaran, SWOTAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, yaitu Rumah Makan Ayam Pedas Mlokorejo yang berada di Jalan Raya Puger-Kencong, Desa Mlokorejo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah menurunnya hasil penjualan akibat perubahan lingkungan eksternal yang berdampak pula terhadap lingkungan internal perusahaan. Tujuan penelitian yaitu : mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh perusahaan, menentukan posisi perusahaan berdasarkan analisis SWOT, dan merumuskan strattegi pemasaran baru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sumber data utama adalah data primer berupa hasil wawancara mendalam ( depth interview) dengan pemilik rumah makan, pemasok bahan makanan, dan konsumen. Penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa literatur, artikel ilmiah, dan kumpulan data statistik yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik. Penelitian berlangsung selama empat bulan, yang dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama digunakan untuk observasi dan mengidentifkasi permasalahan. Tahap kedua menyusun kerangka penelitian dan proposal. Tahap ketiga melaksanakan penelitian dan menyusun naskah penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Tahapan analisis SWOT dimulai dari identifikasi faktor internal dan eksternal, penyusunan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan matriks EFE (External Factor Evaluation), perumusan matriks IE ( Internal Eksternal), perumusan Matriks SWOT, dan perumusan strategi pemasaran yang disarankan. Hasil analisis menunjukkan perusahaan berada pada sel II yang disebut tumbuh dan membangun. Strategi pemasaran yang disarankan adalah: pengembangan produk dengan melakukan diversifikasi pada menu, meningkatkan promosi melalui bauran promosi yang bisa dijangkau oleh perusahaan, membangun jalur pemasaran secara online, dan penggunaan metode pembayaran non tunai (cashless).
References
Arminsyurita, 2014, Analisis Strategi Pemasaran Jamur Rimba Jaya Mushroom, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Volume VI, Nomor 2, September 2014.
Ayu Purnama, ddk (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam usaha Meningkatkan Volume penjualan Pada Ayam geprek Surabaya (UD AGS Group). Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin.
David, Fred R. (2204). Manajemen Strategik. Jakarta :Penerbit Salemba Empat.
Ismanthono, Henricus W. (2006). Kamus Istilah Ekonomi dan Bisnis. Jakarta : :Penerbit Buku Kompas.
Isti Zumroh, 2014, Penggunaan Analisis SWOT dan AHP untuk menentukan Strategi Pemasaran Perusahaan ( Studi Kasus : WL Alumunium ), Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Islam Indonesia Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, jilid 1, edisi kesebelas, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Pelliyezer, dan Samuel Hamonangan (2021). Analisis Strategi Pemasaran Restoran Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Pagar Alam. Skripsi. Politeknik Pariwisata palembang. Sumatra Selatan. Vol 5, P-ISSN: 2580-1244.
Rangkuti, F (2013). Analisis SWOT. Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sri Redjeki. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kopi LEGATO. Malang : Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sulfiana, (2020). Strategi Pemasaran DalamMeningkatkan Penjualan Pada Rumah Makan Mbak Daeng Alauddin Makasar. Fakultas Ekonomi Bisnis. Skripsi. Universitas Muhammdiyah Makasar.