Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Di Madinah Oryza Mart

Authors

  • Inoratul Hasanah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Arie Eko Cahyono Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pudhak Prasetiyorini Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jpeka.v1i1.953

Keywords:

Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Toko Madinah Oryza Mart

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal yang terdapat pada Toko Madinah Oryza Mart. (2) mengkaji dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman eksternal yang terdapat pada Toko Madinah Oryza Mart. (3) menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada Toko Madinah Oryza Mart. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana mengungkapkan kejadian atau fakta, fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Toko Madinah Oryza Mart Jl. K.H. Achmad sa’id Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik toko dan karyawan Toko Madinah Oryza Mart. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data atau pengecekan sumber data. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal yaitu lokasi yang strategis, produk yang dijual berkualitas dan awet, memaksimalkan barang yang sesuai dengan kebutuhan santri dan masyarakat, harga yang disediakan terjangkau oleh santri dan masyarakat, menjaga barang agar selalu fresh, dan selalu menjaga kerapian barang. Adapun kelemahannya adalah: banyaknya hewan (tikus) yang memakan banyak barang, tempat yang kurang nyaman, sering bergantinya supplier, variasi barang yang kurang lengkap dan kurangnya keamanan. (2) faktor yang menjadi peluang dan ancaman yaitu menjanjikan barang terjamin selalu ada, membangun cabang lagi ditempat yang lebih menarik, sudah dikenal oleh masyarakat Jember, berada dilingkungan pesantren, memiliki hubungan yang baik dengan konsumen. Adapun ancamannya yaitu bersaing dengan usaha-usaha modern, krisis ekonomi akibat covid-19, produk pesaing memiliki harga bersaing dan naiknya harga produk dari supplier.  (3) strategi yang tepat untuk diterapkan pada toko Madinah Oryza Mart berdasarkan teori analisis SWOT adalah dengan cara mengutamakan barang kebutuhan santri, menciptakan pelayanan yang baik dan sopan, menjaga kerapian dan kelengkapan barang, mengikuti beberapa event, serta meningkatkan variasi produk.

References

Firrizqi, N. (2021). Analisis strategi pemasaran pada toko girly accecories Jember. Jember.

Pasaribu, H. F. (2018). penerapan Analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada pt. Arma Anugerah Abadi Medan. Medan.

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Magelang 56100). MAGELANG.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Downloads

Published

2023-01-27

Issue

Section

Articles