Analisis Minat Nasabah Terhadap Tabungan Faedah IB (Studi Kasus BRI Syariah KCP Mojosari - Mojokerto)

Authors

  • Qurrotu Aini Institut Pesantren K.H Abdul Chalim, Mojokerto
  • Mohamad Toha Institut Pesantren K.H Abdul Chalim, Mojokerto
  • Sundari Institut Pesantren K.H Abdul Chalim, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.31537/jpeka.v1i1.952

Keywords:

Minat Nasabah, Tabungan Faedah iB, BRI Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat nasabah terhadap tabungan Faedah iB di Bank BRI Syariah KCP Mojosari - Mojokerto. Untuk menjawab pertanyaan diatas maka penelitian ini dirancang dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan  menggunakan pendekatan studi kasus.  Berdasarkan analisis data dalam  penelitian  ini, dapat disimpulkan bahwa 1) Attention (Perhatian), bahwa nasabah mengetahui adanya produk tabungan Faedah iB dari inisiatifnya datang sendiri ke kantor dan nasabah mengetahui tabungan Faedah langsung dari pihak BRI Syariah. 2) Interest (Ketertarikan), alasan nasabah menggunakan tabungan Faedah karena menyesuaikan dengan latar belakang status individu dan adanya pelayanan yang baik dari pihak BRI Syariah pada saat prosedur berlangsung. Nasabah merasa dilayani dengan baik dan mendapat penjelasan yang jelas dari pihak BRI Syariah terkait detail produk tabungan Faedah iB. 3) Desire  (Keinginan), minat nasabah terkait biaya tabungan Faedah dikatakan bergantung dari perspektif masing-masing dan kemampuannya. Nasabah memilih produk dengan biaya yang lebih ringan dan dapat digunakan sebagai alat menyimpan uang untuk kebutuhan internal nasabah. 4) Action (Menggunakan), bahwa alasan nasabah memiliki keinginan untuk menggunakan tabungan Faedah iB untuk memenuhi kebutuhan bisnis usahanya. 5) Kesadaran Gaya Hidup Halal, bahwa nasabah memiliki tujuan selain untuk memennuhi kebutuhan keuangan melainkan juga mengubah perspektif dalam memilih produk yang digunakan.

References

Data BPS Kecamatan Mojosari, dalam http://mojosari.go.id/, (21 Agustus 2020).

Eko Ariyanto, “Strategi Pemasaran Produk Bank BRI Syariah”, Artikel –dalam http://Strategi-Pemasaran Produk-Bank-BRI-Syariah.com//, (12 Juni 2021).

Ismail, Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana PRANEMEDIA GROUP, 2011.

J, Nugroho, Perilaku Konsumen, Jakarta: Kencana, 2015.

Hadari Nawawi dan Mimi Martini, Penelitian Terapan - Cet. 2, Yogyakarta:Gadjah Mada University Press, 2014.

Hilman Hadi Kusuma, Metode Pembuatan Kertas atau Skripsi Ilmu Hukum, Bandung: CV. Mandar Maju, 1999.

Kasmir, Manajemen Perbankan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

M. Burhan Bungin, Cet 5 Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2017.

Muhamad Haikal, Manajemen Dana Bank Syariah, Yogyakarta: Ekonisia, 2014. Observasi Awal, Manajer Operasional BRI Syariah KCP Mojosari, ( 4 Juni 2020).

Observasi Awal, Karyawan Bank BRI Syariah KCP Mojosari - Mojokerto, (Mojokerto, 25 Agustus 2020).

Pandji Anoraga, Pengantar Bisnis, Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globlasisasi.

Jakarta: Rineka Cipta 2011.

Rahmat Lupiyo, A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat, 2019.

Zeedy, Himpunan Undang-Undang Perbankan Syariah, Yogyakarta: Zeedy Pustaka, 2010.

Downloads

Published

2023-01-27

Issue

Section

Articles