Strategi Home Industry Dalam Meningkatkan Eksistensi dan Perannya Terhadap Ekonomi Keluarga (Home Industri Bumbu Barokah Jember)
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v3i2.2552Keywords:
strategi home industry; eksistensi; peranAbstract
Strategi home industry bumbu barokah jember dalam meningkatkan eksistensinya meliputi beberapa aspek yaitu aspek permodalan, keberlansungan sumber daya manusia dan keberlansungan pemasaran. Pada aspek permodalan pemilik home industry menggunakan modal sendiri, oleh sebab itu pengaturan uang sangat ketat dan teliti guna mengantisipasi kerugian dan modal macet. aspek keberlansungan sumber daya manusia yang berhubungan dengan tenaga kerja, pemilik home industry merekrut saudara dan ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan penghasilan sehingga menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Pada aspek pemasaran, home industry bumbu barokah menjual secara lansung di pasar. Untuk pengembangan pemasaran diharapkan home industry memperluas pangsa pasarnya. Peran home industry terhadap ekonomi keluarga meningkatkan pendapatan, mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteran keluarga.metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.
References
Afrizal, 2015, Metode Penelitian Kualitatif: sebuah upaya mendukung penelitian kualitatif dalam disiplin ilmu.Ed. 1-Cet 2, Jakarta, Rajawali, Press.
Ahmad Faiz, “pengaruh tingkat keagamaan terhadap perilaku pedagang”, Jurnal ilmu ekonomi .vol.11, No.1, Januari 2010.
Ananda, R., & Jallil, A (2016). Peran Home Industri dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi kasus Home Industry Keripik)
Hermawan Kertajaya, Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, (Bandung: Mizan, 2010).
Lexy J. Moleong, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja, Rosdakarya, Bandung.
Skripsi Niken Hanadayani, modal sosial dan keberlansungan usaha, tahun 2007
Sadono Sukirno, 2002, Teori Mikro Ekonomi. Cetakan ke empat belas, Rajawali Press Jakarta.