Strategi Pemasaran UMKM pada Produk Buket Bunga (Studi Kasus Pada Toko Kristian Florist )
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v3i1.2251Keywords:
Strategi Pemasaran; Umkm; Buket BungaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran umkm pada produk buket bunga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk jenis penelitian kualitatif. Sumber informasi yang digunakan untuk eksplorasi ini adalah informasi penting dan informasi tambahan. Teknik pengumpulan data untuk menganalisis strategi pemasaran umkm pada produk buket bunga menggunakan teknik obsevasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara. Sedangkan, data sekunder didapatkan dari Bukti produksi dan pemasaran pada produk buket bunga. Dan semua data-data tersebut diharapkan dapat memberikan deskripsi tentang strategi pemasaran UMKM pada produk buket bunga. Strategi pemasaran umkm dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan di Toko Buket Kristian Florist. Kemudian pada saat itu akan dilakukan penelitian mengenai teknik pemasaran dan kendala yang dihadapi oleh Kristian Flower Specialist Shop dalam memasarkan produknya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti tersebut adalah terdapat beberapa pembahasan, khususnya Strategi, Hambatan, Dan Solusi. Toko Kristian Florist menerapkan strategi pemasaran segmentasi dan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Segmentasi pasar berupa produk ini lebih ditunjukan kepada remaja atau mahasiswa. Strategi Product berupa inovasi produk buket bunga, strategi price berupa potongan harga setiap pembelian hari tertentu, strategi place berupa seperti memilih tempat sekitar sekolaan atau kampus. Strategi promotion berupa membuat story lewat media sosial. Kemudian hambatan yang terjadi seperti persaingan produk sejenis tetapi toko Kristian memiliki solusi seperti tetap menjaga kualitas produk dengan desain yang kreatif.
References
Ayuning Wulan, D. F. (2022). “Praktik Bisnis Bucket Uang Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Shefa Bouquet. Id) (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Budiman,D.(2023)“Strategi Pemasaran Dalam Keberhasilan Peningkatan Penjualan Di Toko Corner Sport Pemalang.” ( Skripsi Sarjana, Universitas Semarang).
Farahdinna,P,N (2022). “Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Di Kota Banda Aceh Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam”. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).
Fawzi,M,G. dkk 2021. “Strategi Pemasaran Konsep,Teori, dan Implementasi”. (Tanggerang Selatan: Pascal Books).
Ilham Fikriansyah. (2022,21 Juli). Apa itu UMKM ? Kenali ciri, keunggulan dan contohnya.https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6190422/apa-itu-umkm-kenali-ciri-keunggulan-dan-contohnya.Sistem diakses pada tanggal 06 November 2023 pukul 23:00 WIB.
Ladiku,T,A. (2021).” Strategi Pemasaran dalam meningkatkan daya saing usaha kecil mengah (UKM)”. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri).
Mutiara,Raina, M. (2022) “Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pasca Pandemic Covid-19 Dikota Banda Aceh”. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)
Nirmasari,D 2019. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah Percetakan”. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar).
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sekretariat Negara Jakarta. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/113/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan menengah-menurut-uu-no-20-tahun-2008-tentang-umkm system diakses pada tanggal 06 November 2023 pukul 21:15 WIB.
Saefullah,E. dkk 2022 ”Manajemen Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah
(UMKM)”. Jawa Tengah : CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Sugiono. 2014“Metode penelitian kauntitatif kualitatif dab R&D ” Bandung : Cv.Alfabeta.
Sugiyono. 2010. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung:Cv. Alfabeta.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Cv.Alfabeta.
Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-b (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Wijaya, M. H. (2013). Promosi, Citra Merek, Dan Saluran Distribusi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Terminix Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).