Efektivitas Media Pembelajaran Vidio Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII di SMP Unggulan Darul Anwar Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v3i1.2249Keywords:
Media Pembelajaran Vidio; Hasil BelajarAbstract
Materi pembelajaran video dan materi PowerPoint (PPT) pada mata kuliah IPS kegiatan ekonomi dibandingkan untuk melihat apakah ada peningkatan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dengan kelas experiment. Kelas kontrol tidak menggunakan media visual, sedangkan kelas eksperimen menggunakan media video. dengan jumlah sampel peserta 40 orang yang terdiri dari kelas kontrol dan experiment dalam penelitian ini. Purposive sampling, atau pengambilan Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Siswa kelas tujuh di SMP Unggulan Darul Anwar diberikan materi pilihan ganda dengan hasil yang dikumpulkan dari ujian korelasi. Dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, uji-t sampel independen digunakan untuk mengevaluasi data yang dikumpulkan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan khususnya menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu adanya perbedaan antara siswa yang menggunakan media PPT dan media pembelajaran Video, hal ini terlihat dari hasil rata-rata nilai posttest, dimana Kelompok kelas kontrol mendapat skor 80,25, sedangkan kelompok kelas eksperimen mendapat skor 84,00.Sedangkan gain score pada kategori interpretasi sebesar 0,7898 dengan keputusan efektif, dan pada kategori pengendalian sebesar 0,5969 dengan keputusan sangat efektif. Nilai sig.(2-tailed) = 0,136 yang berasal dari pengujian hipotesis uji t untuk sampel independen lebih mendapatkan hasil lebih dari 0,05. Dengan demikian maka, Ha: Materi pembelajaran video mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar.
References
Nuryadi, dkk. (2017). Dasar – dasar statistik penelitian. Yogyakarta: sibuku.
Sanjaya, Wina. (2013). Stratergi pembelajaran berorientasi standart proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sudjana. (1989). Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Sukestiyarno. (2020). Metode penelitian pendidikan. Semarang : Unnes Press.
Sundayana, Rostina. 2016. Statistika penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta