Implementasi Balance Scorecard pada Kinerja Perusahaan Jasa Perhotelan pada Hotel Luminor Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v3i1.2240Keywords:
Balanced Scorecard; perspektif keuangan; perspektif pelanggan; perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.Abstract
Kinerja perusahaan yang baik merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kualitas perusahaan. Salah satu penerapan manajemen strategis dalam meningkatkan kinerja perusahaan adalah balance scorecard. Balance scorecard tidak hanya mengukur dari segi keuangan tetapi juga dari non keuangan. Ada empat perspektif dalam mengukur kinerja perusahaan yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan konsep BSC dalam kinerja perusahaan jasa perhotelan. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan peneliti dengan cara kuesioner dengan sampel 148 respoden. Hasil penelitian dengan menerapkan balance scorecard pihak manajemen mendapatkan hasil yang komprehensif. Dengan adanya penerapan balance scorecard,perusahaan dapat mengelola pendapatan dan biaya, kepuasan pelanggan, pengembangan produk serta kepuasan karyawan atas kinerja perusahaan dapat diterapkan dan kesimpulan hasil penelitian bahwa kinerja yang diukur dari empat perspektif dalam balance scorecard sudah tergolong baik dan hasil kinerja perusahaan mencapai maksimal dan memuaskan.
References
Anthony, R.N danV.Govindarajan.2000.Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Dharma,Agus.2001.Manajemen Supervisi.Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Gaspers, V. (2002). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi: Balanced scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah.Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama
Mangkunegara,Anwar Prabu.2005.Evaluasi Kinerja SDM.Jakarta:Tiga Serangkai.
Mulyadi.2001.Balanced Scorecard:Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipagandakan Kinerja Keuangan Perusahaan.Jakarta:Salemba empat.
Rai,I Gusti Agung.2008.Audit kinerja pada Sektor Publik.Jakarta:Salemba Empat.