Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Problem Solving Siswa

Authors

  • Arie Eko Cahyono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/jpeka.v2i1.1661

Keywords:

Model pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), berpikir kritis, problem solving, ekonomi, SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran ekonomi berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan problem solving siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Produk yang dihasilkan adalah model pembelajaran ekonomi berbasis PBL untuk materi ekonomi kelas XI SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ekonomi berbasis PBL yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan problem solving siswa SMA.

Published

2024-02-04

Issue

Section

Articles