Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.31537/jpeka.v2i1.1659Keywords:
Model pembelajaran kooperatif, berpikir kritis, motivasi belajar, ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan rancangan penelitian pretest-posttest with control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu sebanyak 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Kelompok eksperimen belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, sedangkan kelompok kontrol belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan tes motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.