https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/issue/feed JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) 2025-01-10T02:55:54+00:00 H.B.A Jayawardana, S.Pd.,M.Pd. jurnaljecie@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)</strong>&nbsp;has <strong>p-ISSN 2614-4387</strong> (print)&nbsp;&nbsp;and <strong>e-ISSN 2599-2759</strong> (online)&nbsp;is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in the field of Early Childhood Education (PAUD). The JECIE is published twice a year in <strong>July</strong> and <strong>December</strong>. The field of study in the JECIE covers the field of education and teaching in Early Childhood Education (PAUD), including the study of physical-motor development, socio-emotional development, cognitive development, language development, development of moral and religious values, art development, children's inclusive education, and various other fields related to Early Childhood Education.</p> https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1325 Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik pada Anak Usia Dini 2024-12-19T07:19:13+00:00 Dini Kusmiati dinikusmiati59@gmail.com Risbon Sianturi dinikusmiati@upi.edu Aini Loita dinikusmiati@upi.edu <p>Aspek perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting bagi anak. Salah satu aspek penting untuk anak usia dini adalah aspek perkembangan motorik. Dalam perkembangan motorik, orang tua memiliki peranan penting. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan orang tua terhadap perkembangan motorik pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif melalui Studi Pustaka, yakni metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Hasil penelitian peran orang tua dapat membentuk pola sikap dan pribadi anak, juga dapat menentukan proses pendidikan yang diperoleh anak. Orang tua mempunyai peranan dalam memberikan stimulasi yang tepat sesuai usia perkembangan anak yakni melalui proses penalaran untuk mengatahui bakat yang di miliki oleh anaknya.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1326 Pengaruh Penggunaan Media Hidroponik dalam Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun 2024-12-19T07:34:57+00:00 Noviyanti Noviyanti noviyanti11@upi.edu Sima Mulyadi noviyanti11@upi.edu Edi Hendri Mulyana noviyanti11@upi.edu <p>Kecerdasan naturalis merupakan salah satu bagian dari kesembilan kecerdasan jamak. Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan mengkategorikan spesies flora dan fauna dan lingkungan sekitar. Kecerdasan naturalis anak dapat dilihat dari seberapa jauh anak mengenali, membedakan, mengungkapkan, dan mengkategorikan spesies flora, fauna, dan lingkungan di sekitarnya. Hidroponik merupakan salah satu sistem bercocok tanam tanpa menggunakan media tanam tanah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian <em>one group pre-test post-test. </em>Berdasarkan penelitan yang dilakukan, untuk mengukur kecerdasan naturalis anak dengan melakukan test sebelum dan sesudah diberikan perlakukan. Sehingga didapatkan hasil <em>pre-test</em> dengan nilai %rata-rata 12,92 atau sebesar 32% dengan kategori belum berkembang (BB). Sementara dari hasil post-test didapatkan niilai %rata-rata 37,84 atau sebesar 93% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Dari hasil pre-test dan post-test tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun meningkat dari belum berkembang menjadi berkembang sangat baik. Sehingga penggunaan media hidroponik dalam kegiatan bercocok tanam memiliki pengaruh terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1327 Fatherless, Fatalkah? 2024-12-19T10:32:39+00:00 Virda Anggi Astagini virdaanggia78@upi.edu Gilar Gandana gilar@upi.edu Purwati Purwati purwati_purwati@upi.edu <p>Anak merupakan investasi terbesar orang tua di masa depan. Di masa depan anak akan menjadi bukti dari keberhasilan atau kegagalan orang tua dalam mendidik. Selain itu, titik tumpu pada pembentukan masyarakat yang damai dan sejahtera ditentukan oleh keluarga. Karena dalam keluarga&nbsp; terjalin hubungan yang paling dekat dan terus menerus. Masing-masing orang menempuh berbagai cara dalam mencari kebahagiaan dan ketentraman itu.&nbsp; Namun keluarga tak selamanya baik-baik saja. Kematian, perceraian atau apapun yang menyebabkan terjadinya kehilangan yang tentu saja tak diinginkan termasuk hilangnya sososk ayah dalam pengasuhan. <em>Fatherless</em> diartikan sebagai hilangnya sosok ayah dalam pengasuhan baik secara fisik maupun psikis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini mengupas banyak dampak dari kehilangan sosok ayah dalam pengasuhan. Begitu banyak dampak yang ditimbulkan dari kehilangan sosok ayah dalam pengasuhan ini, mulai dari dampak pada prestasi belajar anak yang memang berhubungan dengan dampak pada psikologis,&nbsp; dan kemungkinan terburuk yaitu berdampak pada <em>cyberporn</em>.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1329 Peran Guru dalam Mengoptimalkan Interaksi Sosial Anak Usia Dini 2024-12-20T02:42:43+00:00 Hani Kholifatur Rosidah hanikholifaturr@upi.edu Edi Hendri Mulyana hanikholifaturr@upi.edu Nuraly Masum Aprily hanikholifaturr@upi.edu <p>Interaksi sosial penting untuk dikembangkan pada anak sejak usia dini. Interaksi sosial pada anak usia dini berlangsung secara beriringan dengan perkembangan sosialnya. Interaksi sosial dapat menjadi dasar anak untuk dapat diterima di lingkungan sosial. Apabila anak&nbsp; dapat berbaur bersama lingkungan sosialnya, disitulah anak diakui keberadaan dirinya.&nbsp; Ketika anak di sekolah lingkup sosial yang dimiliki menjadi lebih luas. Maka guru hendaknya dapat mengoptimalkan interaksi sosial anak dengan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Guru mendorong anak untuk mandiri dan berhubungan dengan teman sebaya agar dapat berbaur dan diterima lingkungan sosialnya. Guru mendampingi&nbsp; dan memantau anak saat belajar dan membantu anak ketika menghadapi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengoptimalkan interaksi sosial anak usia dini.&nbsp; Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan informasi dari sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil kajian dinyakan bahwa keterampilan sosial guru menjadi&nbsp; dasar yang perlu dimiliki guru dalam mengoptimalkan interaksi sosial anak usia dini.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1331 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Balita pada Speech Delay 2024-12-20T02:55:05+00:00 Siti Paujiah siti.paujiah0910@gmail.com <p>Keterlambatan bicara merupakan gangguan yang sering terjadi pada anak balita hal ini disebabkan karena adanya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hal tersebut. Balita dapat dikatakan mengalami keterlambatan apabila pada usia 2 tahun belum dapat berbicara lancar, tidak dapat mengikuti perintah yang diberikan, mengucap kata kurang dari 25 kata dan tidak dapat memahami pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metodi studi literatur. Keterlambatan bicara dan bahasa disebabkan oleh penerapan pola asuh. Pola asuh negatif menjadikan anak mengalami gangguan perkembangan lima kali lipat dibandingkan dengan pola asuh positif. Pola asuh negatif seperti orang tua tidak memberikan kasih sayang, sering marah-marah, tidak memberikan stimulasi kepada anak Keterlambatan bicara dan bahasa banyak ditemukan dengan durasi penggunaan lebih dari 30 menit. Durasi penggunaan gadget selama 30-75 menit perhari termasuk dalam kategori kecanduan gadget pada anak. Kesimpulannya faktor yang mempengaruhi keterlambatan bicara terhadap anak balita yaitu pada pola asuh anak dan penggunaan gadget, oleh karena itu diharapkan kepada orang tua untuk selalu menjadi garda terdepan pada anak-anaknya.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1334 Penerapan Permainan Look Make and Fix Menggunakan Media Tangram untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Anak 2024-12-20T03:07:08+00:00 Didah Nurhamidah dnurhamidah14@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kecerdasan visual anak sebelum memperoleh perlakuan berupa permainan look, make and fix menggunakan media tangram dan setelah memperoleh perlakuan. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan variabel terikat berupa kecerdasan visual spasial serta variabel bebasnya adalah permainan look, make and fix menggunakan meida tangram. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B RA Miftahul Khoer Khoer Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik <em>sampling purposive</em>. Perolehan data pretes dan postes kemudian dijadikan syarat untuk medapatkan data Ngain yang kemudian akan dianalisis. Untuk melihat adanya perbedaan dilakukan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kecerdasan visual spasial anak sebelum memperoleh perlakuan berupa permainan look, make and fix menggunakan media tangram dan setelah memperoleh perlakuan.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1339 Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Media Paper Clay 2024-12-20T03:18:09+00:00 Dalva Samrotul Huda dalvasamrotulhuda02@gmail.com Taopik Rahman dalvasamrotulhuda02@gmail.com Aini Loita dalvasamrotulhuda02@gmail.com <p>Dunia anak merupakan dunia bermain, sepanjang hari, setiap waktu dan setiap saat, hidup anak dipenuhi dengan keceriaan bermain. Bagi anak, bermain secara sendiri maupun berkelompok bersama teman sebaya ataupun dengan orang tua sangatlah menyenangkan. Keterampilan motorik halus (fine motor skil) membentuk keterampilan yang membutuhkan kemampuan untuk mengendalikan otot-otot kecil atau halus untuk memperoleh aktualisasi keterampilan yang berhasil. Penelitian ini menggunakan metode literatur review yang mengambil data dari penelitian dahulu yang pembahasannya tentang peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui media paper clay. Pengambilan data diambil dari 5 (lima) jurnal terkait bersumber dari Google Scholar. Setelah data didapat kemudian dilanjutkan dengan analisis data untuk mengetahui hasil dari 5 (lima) jurnal terkait, kemudian diambil kesimpulan apakah media paper clay cocok untuk peningkatan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pertama sebagai peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui media paper clay dengan menjabarkan media paper clay yang efektif dari beberapa penelitian terkait secara runtut agat dapat dijadikan sebagai sebuah acuan keterampilan motorik halus anak. Kedua, media pembelajaran paper clay dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Ketiga, selain media paper clay juga terdapat media lain yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui media paper clay.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1501 Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Sibling Rivalry pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang 2024-12-20T03:36:48+00:00 Nensi Herfinda nensihefrinda@gmail.com Nyimas Muazzomi nensihefrinda@gmail.com Masyunita Siregar nensihefrinda@gmail.com <p>Penerapan pola asuh yang tidak berjalan dengan baik, dapat menimbulkan masalah pada anak. Hal ini nantinya akan berimplikasi pada hubungannya dengan lingkungannya, teman sebayanya maupun keluarganya. Satu dari sekian banyak masalah dalam sebuah keluarga yang sering dialami anak yang memiliki saudara lebih dari satu yakni munculnya rasa persaingan antar saudara kandung atau yang dikenal dengan <em>sibling rivalry. </em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter dengan <em>sibling rivalry</em> pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan <em>Pearson Correlation Product Moment. </em>Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tingkat pola asuh otoriter orang tua berada dalam kategori sedang dengan persentase 63%. 2) tingkat <em>sibling rivalry</em> anak berada pada kategori rendah dengan persentase 53%. 3) Hasil uji korelasi antara pola asuh otoriter orang tua dengan kejadian <em>sibling rivalry </em>pada anak mendapatkan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,005 dengan nilai korelasi sebesar 0,827. Nilai signifikansi dari uji korelasi ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh otoriter orang tua dengan <em>sibling rivalry </em>pada anak usia 4-6 tahun di TK Al-Falah Siulak Gedang dengan tingkat hubungan yang sangat kuat.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1536 Analisis Penggunaan Asesmen Sumatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan dan Pembelajaran pada Anak Usia Dini di TK Kirana Kota Jambi 2024-12-20T03:52:47+00:00 Mitha Widiyathi Putri Wahyudi mithawidiyathi31@gmail.com Indryani Indryani mithawidiyathi31@gmail.com Rizki Surya Amanda mithawidiyathi31@gmail.com <p>Asesmen di Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen pada PAUD dikelompokkan menjadi dua yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen Sumatif adalah penilaian yang dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester dan pada akhir fase; khusus asesmen pada akhir semester, asesmen ini bersifat pilihan. Jika pendidik merasa masih memerlukan konfirmasi. Asesmen yang dibahas pada penelitian ini adalah asesmen sumatif dimana peneliti ingin menganalisis penggunaan asesmen sumatif di TK Kirana Kota Jambi. Asesmen formatif diindonesia kurang berjalan dengan baik dimana biasanya hasil penilaian dilakukan secara menduga-duga serta kualitas guru PAUD pada daerah-daerah perdalaman biasanya masih belum berpendidikan S-1 PG-PAUD. Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi.</p> <p>Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh mengunakan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara secara insidental atau tidak berstruktur. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK Kirana Kota Jambi yang berjumlah 3 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi telah terdapat asesmen sumatif akan tetapi dalam pelaksanaan asesmen sumatif tersebut belum terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari pemahaman guru dalam melaksanakan asesmen belum cukup baik. Asesmen sumatif atau penilaian akhir salah satu sumber informasinya berasal dari penilaian harian yang telah dikumpulkan, saat pengambilan penilaian harian guru lupa mencatat kegiatan anak saat proses pembelajaran hal ini berpengaruh terhadap penilaian akhir anak. Saat pelaksanaan asesmen sumatif guru juga belum melakukan umpan balik kepada orang tua murid mengenai pemberian informasi perkembangan anak dan mencari solusi atas permasalahan yang dimiliki oleh anak.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1542 Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Peran di TK Islam Azzahra Kota Jambi 2024-12-20T04:11:15+00:00 Fakhri Suhanda Eka Putra fakhrisuhanda11@gmail.com Indryani Indryani fakhrisuhanda11@gmail.com Masyunita Siregar fakhrisuhanda11@gmail.com <p>Bahasa merupakan alat untuk menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain yang sekaligus berfungsi untuk memahami pikiran dan perasaan orang lain. Tujuan pengembangan kemampuan berbahasa anak usia dini adalah agar anak didik mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Berbanding terbalik dengan keadaan di TK Islam Azzahra Kota Jambi dimana kurang optimalnya perencanaan pembelajaran, terlihat pada proses pembelajaran guru baru menentukan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak pada hari itu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tiga (3) kali pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 anak kelompok B TK Islam Azzahra Kota Jambi. Data diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bermain peran yang terdiri dari dua tindakan (siklus). Hasil penelitian sebelum penelitian (pra siklus) rata-rata kemampuan berbahasa anak hanya 24,44% dari 15 anak/siswa dengan diadakannya pembelajaran melalui kegiatan bermain peran pada kelompok B TK Islam Azzahra Kota Jambi mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut terjadi secara bertahap. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 71,10% dari 15 orang anak, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 87.77% dari 15 orang anak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Islam Azzahra Kota Jambi.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1564 Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun 2024-12-20T07:18:01+00:00 Puja Liana Putri pujalianaputri629@gmail.com Hendra Sofyan pujalianaputri629@gmail.com Hendra Sofyan pujalianaputri629@gmail.com Akhmad Fikri Rosyadi pujalianaputri629@gmail.com <p>Ketika peneliti melakukan observasi pada kelas B dengan jumlah anak sebanyak 17 anak terdapat 12 anak yang belum mampu menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah benda, masih terdapat anak yang terbalik menuliskan lambang bilangan seperti 2, 3, 5, 9, terdapat anak yang belum mampu mengenal angka sesuai dengan kuantitas angka serta kurangnya media pembelajaran yang menunjang kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media <em>busy book</em> terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan desain penelitian <em>one group pretest-posttest</em>. Metode eksperimen digunakan untuk menguji hipotesis menyangkut hubungan sebab-akibat. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik <em>sampling purposive </em>yaitu anak kelas B dengan jumlah sampel sebanyak 17 anak usia 5-6 tahun. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis parametrik yaitu uji hipotesis (uji t). Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan tentang penggunaan media <em>busy book </em>terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun, memperoleh hasil rata-rata pretest kecerdasan logika matematika sebesar 15,53 dan setelah diberi perlakuan penggunaan media <em>busy book </em>rata-rata posttest sebesar 27,47. Terdapat peningkatan rata-rata kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun sebesar 11,94. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan nilai t hitung sebesar 28,744 dan t tabel sebesar 2,131, dari besaran nilai tersebut terlihat bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media <em>busy book</em> terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media busy book terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun di TK Rizani Putra.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1571 Analisis Penguasaan Kosakata Anak Melalui Media Finger Puppets Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK ABA IV Kota Jambi 2024-12-20T07:29:20+00:00 Rosmila Rosmila rosmila153@gmail.com Hendra Sofyan rosmila153@gmail.com Mohammad Muspawi rosmila153@gmail.com <p>Berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakukan di TK ABA IV Kota Jambi dari 20 anak masih terlhat 14 anak yang belum mampu dalam penguasaan kosakata yang baik. Guru menyampaikan bahwa dalam kemampuan penguasaan kosakata pada anak belum berhasil. Jenis penelitian identifikasi yang akan dilakukan adalah “deskriptif” yang mana penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil Presentase frekuensi jawaban responden dari 6 item pernyataan mengenai Analisis Penguasaan Kosakata Anak Melaui Media <em>Figer Puppets</em> Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun TK ABA IV Kota Jambi Pada Indikator Mendengarkan Kata pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 80%. presentase frekuensi jawaban responden dari 6 item pernyataan mengenai Analisis Penguasaan Kosakata Anak Melaui Media <em>Figer Puppets</em> Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun TK ABA IV Kota Jambi Pada Indikator Mengucap Kata berada pada tingkatan “sedang” dengan capaian sebesar 79%. analisis penguasaan kosakata anak melaui media <em>figer puppets</em> anak usia dini usia 4-5 tahun TK ABA IV Kota Jambi pada indikator mendapatkan makna kata berada pada tingkatan “tinggi” dengan capaian sebesar 81%. presentase frekuensi jawaban responden dari 6 item pernyataan mengenai analisis penguasaan kosakata anak melaui media <em>figer puppets</em> anak usia dini usia 4-5 tahun di TK ABA IV Kota Jambi pada indikator membaca kata berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 81%. presentase frekuensi jawaban responden dari 8 item pernyataan mengenai analisis penguasaan kosakata anak melaui media <em>figer puppets</em> anak usia dini usia 4-5 tahun di TK ABA IV Kota Jambi pada indikator menulis kata berada pada tingkatan “sedang” dengan capaian sebesar 79%. Sehingga Analisis penguasaan kosakata anak melaui media <em>figer puppets</em> anak usia dini usia 4-5 tahun di TK ABA IV Kota Jambi berada dalam kategori yang tinggi, besarnya nilai persentase rata-rata yang diperoleh adalah 80%.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1584 Pengaruh Media Smart Box Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin 2024-12-20T08:10:21+00:00 Mutiara Maeisa Putri mutiaramaeisaputri@gmail.com Asih Nur Ismiatun mutiaramaeisaputri@gmail.com Akhmad Fikri Rosyadi mutiaramaeisaputri@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 yang masih belum berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran anak belum bisa membuat hasil karya yang baru tanpa diberi contoh oleh guru, Anak belum dapat membentuk minat yang kuat hal ini terlihat banyak anak yang terlihat bosan, ngantuk, kurang tertarik, dan bahkan ada yang sibuk main sendiri saat mengerjakan keterampilan seperti menggambar, menjiplak, menggunting, atau keterampilan lainnya. Kemudian kurangnya keingintahuan pada anak dalam kegiatan serta anak belum bisa menunjukkan inisiatif saat melakukan hal-hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media <em>Smart Box</em> Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B1 di TK Pertiwi I Kabupaten Merangin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah <em>Pre-Eksperimental Design</em> dengan bentuk <em>One Group Pretest Posttest</em> <em>Design</em>. Populasi dalam penelitian ini di TK Pertiwi 1 Kabupaten Merangin yaitu 136 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan <em>Sampling Purposive</em>, 16 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung &gt; t tabel yaitu 24.092 &gt; 2.131 pada taraf signifikan = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari media <em>smart box</em> terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B1 di Pertiwi 1 Kabupaten Merangin. Dengan demikian media <em>smart box</em> dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1589 Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina I Kota Jambi 2024-12-20T10:08:28+00:00 Annisa Maharani annisamaharani0607@gmail.com Kasmiati Kasmiati annisamaharani0607@gmail.com Hendra Sofyan annisamaharani0607@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa, kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi beberapa anak masih belum berkembang dalam mengungkapkan bahasa. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran ketika guru menanya tentang pembelajaran sebagian anak masih ada yang belum mau untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Beberapa anak belum mampu untuk berkomunikasi secara lisan dengan menggunakan perbendaharaan kata, Anak belum mampu untuk berkomunikasi dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah <em>Pre-Eksperimental</em> <em>Design</em> dengan bentuk <em>One Group Pretest Posttest Design</em>. Populasi dalam penelitian ini di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi 69 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan <em>Sampling Purposive</em>, 16 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan tentang penggunan media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun, memperoleh hasil rata-rata pretest kemampuan bahasa anak sebesar 36,69 dan setellah diberi perlakuan penggunaan media komik digital rata-rata posttest sebesar 46.19. Terdapat peningkatan rata-rata kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun sebesar 9,5. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung &gt; t tabel yaitu (7.867) &gt; (2,145) taraf signifikansi = 0,05. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media komik digital terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1593 Pengaruh Membatik dengan Teknik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Badariyah 2024-12-21T01:17:05+00:00 Alfikri Narullah alfikrinasrullah07@gmail.com Indryani Indryani alfikrinasrullah07@gmail.com Akhmad Fikri Rosyadi alfikrinasrullah07@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al-Badariyah yang masih belum berkembang. Hal ini dibuktikan dari temuan awal yaitu pada saat proses pembelajaran masih ada anak yang belum belum berani mencoba hal yang kreatif dan masih minimnya kegiatan baru yang bisa mendorong kreativitas anak sehingga membatasi ruang gerak anak untuk berkreasi dan menyalurkan ide atau gagasannya dalam mengembangkan kemampuan kreativitas sehingga anak cendrung meniru, kurang percaya dengan hasil karya sendiri, dan takut ketika melakukan sesuatu yang baru atau inovatif dalam menciptakan suatu karya/ide.<br />Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan membatik teknik eco print terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di TK Al-Badariyah Muara Bulian 72 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 14 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. <br />Hasil penelitian membuktikan bahwa t htung &gt; t tabel yaitu 8.473 &gt; 2.179 pada taraf signifikansi = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari kegiatan membatik teknik eco print terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,17 yang berada pada rentang &gt; 1,00 dengan interpretasi kuat (Strong Effect). Dengan demikian kegiatan membatik teknik eco print dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan perkembangan kreativitas anak.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1594 Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Al-Badariyah Muara Bulian 2024-12-21T07:27:51+00:00 Nada Aurora yonaaurora223@gmail.com Destrinelli Destrinelli yonaaurora223@gmail.com Sri Indriani Harianja Harianja yonaaurora223@gmail.com <p>Penelitian ini di latar belakangi dengan hasil pengamatan di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak masih belum optimal. Kognitif adalah salah satu aspek perkembangan pada anak yang penting untuk dikembangkan, yang mana aspek ini mengacu pada tahapan kemampuan anak. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah di mana anak-anak dapat mengetahui angka, sehingga anak-anak dapat menentukan gambar angka, dapat menangani masalah yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak telah memahami kondisi dan hasil yang konsisten, dan anak-anak dapat menunjukkan latihan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan maze terhadap kemampuan kognitf anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara Bulian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah <em>Pre-Eksperimental Design</em> dengan bentuk <em>One Group Pretest Posttest</em> <em>Design</em>. Populasi dalam penelitian ini di TK Al-Badariyah Muara Bulian 75 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan <em>Sampling Pu</em><em>rposive</em>, 14 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa t hitung &gt; t tabel yaitu 16.125 &gt; 2.179 pada taraf signifikansi = 0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari permainan maze terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Al Badariyah Muara Bulian yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,17 yang berada pada rentang &gt; 1,00 dengan interpretasi kuat (<em>Strong Effect</em>). Dengan demikian permainan maze dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di sekolah dalam meningkatkan kemampuan kognitf anak.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1602 Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di TK Nusa Indah Palembang 2024-12-21T08:05:50+00:00 Siti Aisyah shitiaisha46@gmail.com Aida Imtihana shitiaisha46@gmail.com Lidia Oktamarina shitiaisha46@gmail.com Leny Marlina shitiaisha46@gmail.com Nyimas Atika shitiaisha46@gmail.com <p>Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana pelaksanaan kurikulum pendidikan anak usia dini di TK Nusa Indah Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum di TK Nusa Indah Palembang. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini ada kepala sekolah, waka kurikulum, guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Pelaksanaan kurikulum diadakan perencanaan terlebih dahulu yaitu dilakukan rapat dalam menentukan pembuatan perencanaan program tahunan, semester, rppm dan rpph, selanjutnya pengorganisasian kurikulum sudah dilaksanakan mulai dari pembagian tugas, dari tugas guru sesuai prosfesinya dan pengelompokkan anak sesuai usia nya, selanjutnya pelaksanaan dalam manajemen kurikulum dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam pembuatan RPPH yaitu melibatkan semua guru dalam pengkondisian kelas, kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana yang dimanfaatkan dalam kegiatan pemeblajaran, dan selanjutnya pelaksanaan kurikulum dengan meliputi motivasi, pengarahan, koordinasi dan pengorganisasian.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1607 Analisis Kelayakan Media Kalender dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini 2024-12-21T12:32:11+00:00 Sifa Sani Umaya sifasaniumaya@upi.edu Edi Hendri Mulyana sifasaniumaya@upi.edu Nuraly Masum Aprily sifasaniumaya@upi.edu <p><!--StartFragment--></p> <p class="MsoNormal" style="text-align: justify; line-height: normal; margin: 0cm 14.1pt 0cm 14.2pt;"><span lang="EN-US" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif; mso-ascii-theme-font: major-bidi; mso-hansi-theme-font: major-bidi; mso-bidi-theme-font: major-bidi;">Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus di kembangkan dalam perkembangan bahasa anak</span><span lang="EN-US" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman';"> pada saat belajar membaca akan lebih menyenangkan jika menggunakan media. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media kaleder. Dengan media kalender diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kelayakan penggunaan media kalender dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa </span><span lang="EN-US" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif; mso-ascii-theme-font: major-bidi; mso-hansi-theme-font: major-bidi; mso-bidi-theme-font: major-bidi;">bahwa media kalender dikatakan layak untuk meningkatkan kemampuan membaca anak ataupun layak digunakan untuk pembelajaran membaca, dilihat dari beberapa penelitian sebelumnya yang meneliti mengenai mengembangkan media kalender hasilnya nilai yang diberikan pada media kalender yaitu layak dan bahkan ada yang sampai mendapatkan sangat layak, ini menunjukan bahwa kelayakan media kalender dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini diakui kelayakannya, Berdasarkan beberapa penelitian tersebut, kita dapat melihat bahwa media kalender dikatakan layak untuk meningkatkan kemampuan membaca anak ataupun layak digunakan untuk pembelajaran membaca.</span></p> <p><!--EndFragment--></p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1610 Pengaruh Penggunaan Media Sorting Shapes Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di SPS Shofiyyah Palembang 2024-12-21T22:59:47+00:00 Amanda Puspa Sapitri amandapuspasapitri@gmail.com Amilda Amilda amandapuspasapitri@gmail.com Indah Dwi Sartika amandapuspasapitri@gmail.com Febriyanti Febriyanti amandapuspasapitri@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah yang terjadi yaitu kemampuan anak dalam mengenali bentuk geometri dilihat dari anak tidak mampu menyebutkan nama-nama bentuk geometri, mengurutkan bentuk geometri, mengelompokan bentuk geometri berdasarkan warna dan menghubungkan bentuk geometri yang sesuai dengan ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media <em>Sorting Shapes</em> terhadap perkembangan kognitif khususnya kemampuan mengenali bentuk geometri. Jenis penelitian ini adalah <em>Pre-Eksperimental</em> dengan desin <em>One Groub Pretest-Postest</em> (satu kelompok subjek). Sample penelitian ini berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 7 anak permpuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes<em>, </em>dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil &nbsp;uji hipotesis diperoleh =3,457 sedangkan =1,782288 karena =3,457 &gt; =1,782288 maka dapat disimpulkan <strong>Ho ditolak dan Ha diterima</strong>, artinya terdapat pengaruh media <em>sorting shapes</em> terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di SPS Shofiyyah Palembang. Adapun dalam penelitian ini terdapat satu anak yang tidak mengalami perubahan secara signifikan dikarenakan anak tersebut mengalami kesulitan dalam memahami perintah pada saat proses kegiatan pembelajaran.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1612 Pengembangan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di TK Harapan Bangsa Desa Toman 2024-12-21T23:11:08+00:00 Sinta Nopita Sari sintatoboalimu14@gmail.com Lidia Oktamarina sintatoboalimu14@gmail.com Muhtarom Muhtarom sintatoboalimu14@gmail.com <p>Kemampuan membaca permulaan ataupun mengenal huruf abjad pada anak di TK Harapan Bangsa Desa Toman masih sangat rendah karena kurangnya ketersediaan media pembelajaean ataupun alat permainan lainnya dan proses pembelajaran lebih kepada kegiatan menulis, menggunakan buku bergambar dan hanya menggunakan papan tulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana pengembangan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada anak usia dini di TK Harapan Bangsa Desa Toman. Multimedia Interaktif merupakan suatu tampilan multimedia yang rancang oleh desainer agar tampilannya memenuhi fungsi penggunaanya (user). Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, olahraga, iklan / promosi, dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakana adalan <em>Research </em>and <em>Development </em>(R&amp;D) dengan model penelitian ADDIE yang dimodifikasi menjadi ADD ( <em>Analysis, Design, Development</em>). Populasi penelitian ini adalah peserta didik TK Harapan Bangsa Desa Toman. Jumlah sampel uji coba satu-satu (<em>one to one </em>) yaitu 5 orang pesertsa didik dan uji coba kelompok kecil (<em>small group</em>) yaitu 10 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media animasi interaktif yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi 93% sehingga dinyatakan sangat valid, penilaian validasi Bahasa 94% sehingga dinyatakan sangat valid, penilaian ahli media 92% sehingga berdasarkan hasil peserta didik yang dilakukan dalam bentuk wawancara dan observasi yaitu pada hasil uji coba satu-satu <em>(one to one) </em>sebesar 95,2% dan uji coba kelompok kecil <em>(small group) </em>memperoleh hasil sebesar 96,5% sehingga pada tahap uji coba keduanya dinyatakan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada anak di TK Harapan Bangsa Desa Toman ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1614 Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika II Lahat 2024-12-21T23:26:12+00:00 Cyndi Dzakiyyah cyndidzkyh@gmail.com Leny Marlina Leny Marlina cyndidzkyh@gmail.com Indah Dwi Sartika cyndidzkyh@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perkembangan bahasa anak dalam lingkup perkembangan keaksaraan awal di TK Kartika II Lahat, hal ini didasarkan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang diberikan kepada anak, sehingga anak belum mampu memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, membaca nama sendiri, menuliskan nama sendiri, dan memahami arti kata dalam cerita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa untuk anak usia 5-6 tahun di TK Kartika II Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen <em>One Group Pretest-Posttest design. </em>Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok B1 berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil dalam penelitian ini diperoleh dari dk = 10 = 10-2 = 8 maka didapatkan thitung = -131,804 dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel = 2, 306 karena (-131,804 &lt; 2, 306), maka kesimpulan Ho ditolak artinya ada pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa untuk anak usia 5-6 tahun di TK Kartika II Lahat.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1647 Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok B di TK Bina Sejahtera Palembang 2024-12-21T23:46:24+00:00 Astri Rahayu rahayuastri675@gmail.com Lidia Oktamarina rahayuastri675@gmail.com Kris Setyaningsih rahayuastri675@gmail.com Indah Dwi Sartika rahayuastri675@gmail.com Hartatiana Hartatiana rahayuastri675@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh kegiatan membatik jumputan terhadap kreativitas anak usia dini kelompok B di TK Bina Sejahtera Palembang. Penelitian ini menggunakan satu kelas dengan kelompok eksperimen. Jenis penelitian ini adalah <em>Pre Eksperimental Design</em>. Dengan pendekatan penelitian kuantitatif <em>One Group&nbsp; Pretest – Postest Design. </em>Sampel pada penelitian ini 10 anak kelas B di TK Bina Sejahtera Palembang kecamatan ilir timur III. Kelompok Eksperimen menggunakan media membatik jumputan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas uji normalitas , uji homogenitas, uji hipotesis. Dari hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata- rata setelah diterapkan membatik jumputan dimana nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 79 kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai t untuk taraf sinifikan &gt; 5% sebesar 16,667. Dapat disimpulkan bahwa nilai = &gt; 16,667 &gt;2.262 maka Ha di terima dan Ho di tolak dengan nilai akhir 16,667. Sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh kegiatan membatik jumputan terhadap kreativitas.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1648 Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Kreativitas Anak pada Kelompok B di RA Perwanida 2 Palembang 2024-12-22T00:03:02+00:00 Oktarina Wengi oktarinawengi2016@gmail.com Leny Marlina oktarinawengi2016@gmail.com Yecha Febrieanitha Putri oktarinawengi2016@gmail.com Febriyanti Febriyanti oktarinawengi2016@gmail.com Indah Dwi Sartika oktarinawengi2016@gmail.com <p>Penelitian bertujuan untuk mengamati apakah terdapat pengaruh kegiatan melukis terhadap kreativitas anak pada kelompok B di RA perwanida 2 Palembang, penelitian ini merupakan penelitian&nbsp; kuantitatif <em>Eksperiment one group pre-test post-test</em> <em>design</em>. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 5<em>–</em>6 tahun, objek penelitian yaitu kreativitas anak. Berdasarkan hasil perhitungan dalam penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 56 sedangkan nilai rata-rata post-test mencapai 97, yang berarti nilai post-test &gt; nilai pre-test atau memiliki peningkatkan setelah diberi perlakuan kegiatan elukis terhadap kreativitas anak. Hal ini didukung dengan hasil perhitungan uji-t yang memperoleh t<sub>hitung</sub> = 46.9613 sedangkan dk =15+15-2=28 dengan taraf nyata 5% sehingga didapat t<sub>tabel</sub> = 2.145, karena t<sub>hitung</sub> 46.9613 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2.145, maka dapat disimpulkan Ho ditolak Ha diterima artinya ada pengaruh kegiatan melukis terhadap kreativitas anak pada kelompok B Di RA Perwanida 2 Palembang. Kemudian pada hasil penelitian kegiatan melukis sangat efektif diterapkan sebagai kegiatan melukis yang disukai anak, dapat mengenalkan anak bentuk serta warna yang unik. Dan dapat mengembangkan kreativitas yang pasti dimiliki setiap anak.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1669 Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD KB Arafah Teluk Jaya Muara Enim 2024-12-22T00:29:36+00:00 Afri Yani afriyani06067@gmail.com Izza Fitri afriyani06067@gmail.com Fahmi Fahmi afriyani06067@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media <em>loose parts</em> terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain <em>one-group pretest-posttest. </em>Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B PAUD KB Arafah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan tes awal (<em>pre-test</em>) dan tes akhir (<em>post-test</em>), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media <em>loose parts</em> terhadap kreativitas anak, diperoleh t-hitung = 47,602 sedangkan t-tabel = 1,771 karena t-hitung &nbsp;t-tabel (47,602 &nbsp;1,771). Maka dapat disimpulkan H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima, diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan media <em>loose parts</em> terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD KB Arafah Desa Teluk Jaya Kecamatan Kelekar Kabupaten Muara Enim.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1670 Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Kelompok B, Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 1 Palembang 2024-12-22T01:30:02+00:00 Nurul Khotami nurulkhotami07@gmail.com Febriyanti Febriyanti nurulkhotami07@gmail.com Elsa Cindrya nurulkhotami07@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad kelompok b di tk kemala bhayangkari 1 palembang, jl. Bambang utoyo komplek pakri, no.4 palembang. Jenis penelitian ini adalah <em>pre-ekxperimental</em> dengan <em>desain one group</em> <em>pretest-posttest</em> (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi awal sebelum diberi perlakuan dengan pembelajaran media audio visual, observasil digunakan untuk mengumpulkan data pada saat treatment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis <em>t-test</em>. Berdasarkan hasil yang dapat bahwa terdapat nilai rata-rata setelah diterapkan kegiatan media audio visual dimana nilai rata-rata ekperimen sebesar 5.6 sedangkan kelompok kontrol 14.2, kemudian berdasarkan perhitungan dimana nilai <sup>t</sup>tabel untuk taraf signifikasi 5% sebesar 0,5140. Dapat disimpulkan bahwa nilai <sup>t</sup>hitung&gt;<sup>t</sup>tabel (0,7926&gt;0,5140) maka dikesimpulannya ho ditolak dan ha diterima. Artinya terdapat pengaruh media audio visual yang signifikasi terhadap kemampuan mengenal huruf abjad kelompok b di tk kemala bhayangkari 1 palembang.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1926 Peran Guru Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Pos PAUD Cempaka 106 Tahun Pelajaran 2022/2023 2024-12-22T01:39:51+00:00 Dwi Kristiani dwikristiantini@gmail.com Eky Prasetya Pertiwi eky.prasetya.pertiwi@gmail.com Nur Hafid Kurniawan eky.prasetya.pertiwi@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menstimulasi perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang mencoba menggali dan menemukan pengalaman hidup manusia terhadap diri dan hidupnya. Adapun yang menjadi lokasi penelitian adalah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Pos PAUD Cempaka 106 Silo, Jember. Pemilihan lokasi di Pos PAUD Cempaka 106, dikarenakan secara kebetulan telah ditemukan fenomena mengenai siswa yang perkembangan bahasanya kurang baik dalam perkembangannya serta dalam berbicaranya (keterlambatan bicara). Data yang digunakan yaitu data primer serta data sekunder yang diperoleh melalui proses wawancara observasi serta dokumetasi dari Guru serta siswa Pos PAUD Cempaka 106. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, dokumen atau catatan, tulisan karya ilmiah dari berbagai media,&nbsp; dan rapot yang mendukung kelengkapan data primer. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut diantaranya: (1) guru menjalankan perannya sebagai pendidik, (2) guru menjalankanperannya sebagai pembimbing, dan (3) guru menjalankan perannya sebagai perencana dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1949 Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Tray Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Bangun Datar Geometri Anak Usia 4-5 Tahun 2024-12-22T01:45:22+00:00 Suci Liwaurrohmah suciliwaurrohmah2@gmail.com Anti Isnaningsih suciliwaurrohmah2@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4-5 tahun di RA tuhfatul Athfal yang dilatar belakangi oleh perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometris masih belum optimal, hal ini dikarenakan guru belum optimal dalam memanfaatkan penggunaan media <em>sandpaper tray</em> untuk mengembangkan kognitif anak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif Jenis desain dari penelitian ini yaitu <em>Quasi Experiment</em> dengan <em>one-group prestes-posttest design</em>. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan teknik uji t dan perhitungan melalui SPSS. Uji statistik dalam penelitian ini adalah menguji apakah media sandpaper tray berpengaruh terhadap kemampuan mengenal bentuk bangun datar geometri pada anak usia 4-5 tahun di RA Tuhfatul Athfal. Kemudian dari hasil perhitungan uji t Diperoleh Sig (0,000) &lt; 0,05. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh media <em>sandpaper tray</em> terhadap kemampuan mengenal bentuk bangun datar geometri pada ana kusia 4-5 tahun di RA Tuhfatul Athfal.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/1959 Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Komparasi Pada Orangtua di Desa Sukarasa) 2024-12-22T02:09:58+00:00 Robi Nur Bais Rizki nurulsalawu@gmail.com <p>Pola asuh orangtua sangat erat hubungannya dengan kemnadirian anak. Pola asuh yang diterapkan orangtua dominan dalam membentuk kemandirian anak. peneliti tertarik untuk memfokuskan penelitiannya kepada pengaruh pola asuh orangtua khususnya ibu yang berkarir dan tidak berkarir terhadap kemandirian anak makan dalam penelitian ini peneliti akan menguji tentang pola asuh ibu berkarir dan tidak berkarir pada orangtua murik kelas B di lembaga TK se-Desa Sukarasa. metode yang digunakan peneliti adalah metode komparatif. uji independent t test, menunjukan bahwa nilai t-hitung sebesar 7.860 t-tabel 0,92, yang berarti terdapat perbedaan kelompok pola asuh ibu berkarir dengan kelompok pola asuh ibu tidak berkarir terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/2005 Profil Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis) 2024-12-22T02:21:47+00:00 Lilis Lismayanti lilis.lismayanti95@gmail.com Rikha Surtika Dewi lilis.lismayanti95@gmail.com Fajar Nugraha lilis.lismayanti95@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yang dilakukan pada Agustus 2024 dengan metode deskriptif kuantitatif melalui survei. Populasi penelitian mencakup 48 guru TK dari 11 sekolah di Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, dengan teknik sampel <em>nonprobability sampling</em> menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dalam bentuk <em>Google Form</em> dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 46%, nilai mean 82,71, dan interval skor 78,33 &lt; X ? 87,09. Dari 48 guru, 2 guru menunjukkan kesiapan sangat tinggi, 12 guru dengan kesiapan tinggi, 22 guru sedang, 7 guru rendah, dan 5 guru sangat rendah. Indikator kesiapan tertinggi ditemukan pada penilaian pembelajaran dengan 77% berada dalam kategori sedang. Secara keseluruhan, profil kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis belum optimal, dengan mayoritas guru berada pada tingkat kesiapan sedang. Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan persiapan dan pengetahuan terkait Kurikulum Merdeka secara menyeluruh.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/2127 Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Karakter di PAUD 2024-12-22T07:40:59+00:00 Nova Eko Hidayanto abdianatocamilan@gmail.com <p>Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan langkah strategis untuk membentuk kepribadian yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran pendidikan karakter di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah dan praktik pembelajaran di PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, toleransi, dan keadilan, dapat ditanamkan melalui pendekatan bermain, bercerita, dan proyek berbasis kolaborasi. Penerapan ini memerlukan dukungan guru yang kompeten, lingkungan belajar yang kondusif, serta keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila, pendidikan karakter di PAUD diharapkan mampu membangun generasi yang memiliki moralitas, integritas, dan kesadaran sebagai warga negara yang baik.</p> 2024-12-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/2177 Manajemen Berbasis Nilai Sosial dan Ekonomi untuk Keberlanjutan Lembaga PAUD 2025-01-10T02:55:54+00:00 H.M. Rudy Sumiharsono rudysumiharsono@gmail.com <p>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menghadapi tantangan signifikan dalam menjaga keberlanjutan operasional lembaga di tengah keterbatasan sumber daya. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen berbasis nilai sosial dan ekonomi dalam mendukung keberlanjutan lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan <em>Systematic Literature Review</em> (SLR) untuk mengeksplorasi berbagai strategi pengelolaan yang mengintegrasikan nilai sosial, seperti partisipasi aktif komunitas, dan nilai ekonomi, seperti efisiensi penggunaan sumber daya, pengelolaan anggaran yang efektif, serta diversifikasi sumber pendanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara kedua nilai ini dapat memperkuat kapasitas lembaga PAUD dalam bertahan secara finansial tanpa mengabaikan tanggung jawab sosialnya. Dengan mengutamakan nilai-nilai ini, lembaga PAUD dapat meningkatkan ketahanan finansialnya sekaligus memberikan dampak sosial yang signifikan bagi komunitas sekitar. Oleh karena itu, manajemen berbasis nilai sosial dan ekonomi menjadi strategi yang efektif untuk memastikan keberlanjutan dan perkembangan lembaga PAUD dalam jangka panjang.</p> 2024-12-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)