Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Harum Kota Surabaya
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi media pembelajaran berbasis budaya lokal berupa congklak untuk pengenalan konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan pada lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi permainan edukatif berbasis budaya lokal, khususnya congklak menunjukkan hasil peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK IT Harum Bakti Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pada kategori penilaian yang sebelumnya pada kategori rendah, yaitu belum berkembang dan mulai berkembang pada pre-siklus menjadi berkembang sesuai harapan pada siklus I. Siklus II juga menunjukkan peningkatan menjadi kategori penilaian berkembang sangat baik. Dengan demikian diartikan sebagai media dalam menstimulus kemampuan berhitung pada anak dalam mengenalkan konsep bilangan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Kota Surabaya kemampuan berhitung pada anak dalam mengenal konsep bilangan pada Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Kota Surabaya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. 2018. Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128.
Nurkholisah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Wardah Olak Kemang Kec. Danau Teluk Kota Jambi. Universitas Jambi.
Humairo, V. M., & Amelia, Z. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung awal melalui modifikasi bentuk permainan congklak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 19–30.
Sanjaya & Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Persada Media Grub. Jak Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., &Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 4(2), 443-455.
Arnada, E. Z., & Putra, R. W. (2018). Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 1(5),393-400.
Susanto & Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Perdana. Jakarta.
Li’anah, L., & Setyowati, S. 2014. Meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui permainan tradisional congklak pada kelompok B TK Sabilas Salamah Surabaya. PAUD Teratai, 3(1).
John W. Santrock. Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas. Erlangga.
Nina Veronika Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 4 (2), 49-55, 2018