MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN METODE KALPOKKALDUNG

Main Article Content

Amin Setyorini

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa adalah menulis. Pem-belajaran menulis di Sekolah Dasar salah satunya adalah mengarang. Pembelajaran mengarang membutuhkan kemampuan tentang cara kalimat pokok dan kalimat pendukung selain itu penggunaan ejaan yang tepat sangat diperlukan. Uraian tersebut adalah alasan mengapa disusun sebuah penelitian tindakan kelas ini. Hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya untuk materi mengarang sangat rendah, sehingga guru melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan maksud mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan kesulitan siswa dalam mengarang maka di buatlah sebuah metode pembelajaran kalpokkaldung yang merupakan akronim dari kalimat pokok dan kalimat pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah-langkah: perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, instrumen penelitian, teknis analisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral dengan dua siklus. Hasil penelitian dari siklus 1 dan siklus 2 dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan prestasi yang signifikan, sehingga. dapat disimpulkan bahwa me-lalui metode kalpokkaldung kemampuan menulis pada siswa dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setyorini, A. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN METODE KALPOKKALDUNG. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 1(1), 45–52. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/ej/article/view/85
Section
Articles